Saturday, July 20, 2019

Cara Merawat Gigi yang Berlubang

Cara Merawat Gigi yang Berlubang

  Apa solusi untuk penderita gigi berlubang?

  Begitu banyak bertebaran artikel mengenai gigi ya dan itu sangat ilmiah tapi itu kisah mereka ya dan dibawah ini adalah ceritaku sendiri.

  Disini adalah pengalaman saya akibat lalai menjaga kebersihan mulut dan gigi selama bertahun -tahun. Gigi mulai timbul hitam hitam disela - sela gigiku aku abaikan. Perlahan - lahan berkembang menjadi lubang kecil.
Ah itukan cuma lubang gigi yang masih kecil masa bodah Ah. Begitulah pikirku. Makin hari makin membesar bukan cuma 1 tetapi ada 3 gigi loh. Tiap hari makan permen, wafer, cake, bolu banyak makan makanan junkfood yang masuk ditambah lagi gosok gigi  cuma pagi sore ngemilnya malam sebelum sebelum tidur. Maka tanpa saya sadari terciptalah gigi berlubang dengan berbagai ukuran. Salah satu gigi geraham kiri sudah mulai sakit. Pakai obat tradisional  malah membuat gigiku rapuh dan tinggal akarnya saja.
Kadang tiga atau empat hari nyerinya minum obat pereda hilang sebentar kambuh lagi sakitnya. Setelah mengalami sakit gigi yang parah berbagai cara saya lakukan untuk mengatasinya berbagai macam cara untuk meredakan sakitnya. Ternyata untuk menuntaskan bukan hanya berakhir dihilangnya nyeri itu. Tapi masih Nyeri gigiku waktu itu yang sungguh sangat menyiksa. Setiap redah sakitnya beberapa jam atau hari berikutnya pasti kambuh lagi dan lagi. Akhirnya ada temanku yang menyarankan saya untuk merawat gigi langsung ke dokter gigi untuk mencabut gigiku itu yang lubangnya sudah cukup besar dan menambal yang lubangnya masih kecil.

 Akhirnya aku pergi ke dokter gigi dikotaku. Diklinik itu diperiksa gigiku yang sedang bermasalah ini. Ada beberapa yang berlubang. Lalu saya dikasih dua pilihan yang masih bisa ditambal dan yang tidak bisa ditambal yang sisa akarnya untuk dicabut..kaget saya. What! Dicabut!
Tidak apa - apa deh yang penting gigiku sehat. Hasil pemeriksaan Satu gigi geraham kiri atas, satu gigi geraham kiri bawah dicabut dan satu geraham kiri bawah ditambal.hmm!

   Kata orang tua kita harus merawat gigi kita sebelum gigi kita sakit itu benar.
Anjuran periksa 2x setahun oleh IDI (Ikatan Dokter Indonesia) yang pernah muncul iklannya di televisi itu sebetulnya itu sangat bagus. Apalagi bagi kita yang sedang mengalaminya...
SEBAIKNYA HARUS SEGERA mendatangi dokter gigi terdekat. Jangan takut prosesnya memang sedikit menegangkan tapi hasilnya tidak menegangkan tapi selamat dan sehat.

  Pengalaman saya pribadi, gigi saya yang lubangnya masih ini yang masih bisa ditambal langsung saya tambal diklinik dokter gigi. Sudah sekitar 12 tahun gigi yang ditambal ini masih aman dan baik baik saja setiap hari masih bisa dipakai untuk mengunyah. Mengapa saya tambal gigi saya karena kata dokternya Kalau kita biarkan lubangnya membesar dan sampai ke akar gigi maka itu tidak bisa ditambal lagi, solusinya hanyalah dengan mencabutnya dan bakal ompong karena usia tidak lagi mendukung untuk tumbuh gigi baru.

  Ini saran saya Jika kamu tidak mau kehilangan gigi alias ompong maka segeralah untuk melakukan penambalan gigi  saat lubangnya masih belum terlalu dalam dan mencapai syaraf gigi. Itu prosesnya tidak sampai dua jam. Pantangannya selama tiga hari tidak boleh dipakai untuk mengunya makanan dulu.
Sangat mudah kan? Jika diabaikan sampai lubangnya besar  dan meradang bakal nyeri terus dan itu sangat menyiksa sekali.  ada dua geraham lagi dicabut baru setelah satu minggu berikutnya. Kata pak dokternya begini,kalau yang usianya masih dibawah 12 tahun masih ada harapan untuk tumbuh gigi baru lagi ya setelah gigi dicabut, tapi untuk usia yang diatasnya kemungkinan tumbuh tumbuh lagi gigi kita itu sangat kecil. Tapi itu buat saya tidak masalah daripada meradang dan akan ada komplikasinya. Banyak lagi kalau masalah kalau gigi tidak sehat.
Inilah beberapa efeknya ke mental dan dan fisik yang saya alami yaitu:

1. Bau mulut
2. Gusi bengkak dan bernanah
3. Sering meludah
4. Susah untuk mengunyah makanan
5. Susah tidur
6. Mudah marah
7. Badan jadi kurus.
8. Hilang percaya diri

 Kalau soal biaya tambal per gigi itu masih murah sekali. Kalau kamu sayang dirimu sayang gigimu, saya rasa biaya bukan masalah. Jadi semoga kamu sekalian yang pernah dan sesang mempunyai masalah gigi seperti saya ini bisa berusaha untuk merawat gigi kamu ke dokter.

  Saya ulangi lagi, pada intinya yang masih bisa diselamatkan ditambal saja. Kalau gigi yang sudah berlubang besar dicabut segera supaya tidak nyeri. Disini juga ada solusi Kalau sedang nyeri (kalian bisa cek ditulisan saya sebelumnya) hilangkan dulu nyerinya baru ditambal atau dicabut.

 Ini penting juga perhatikan makanan apa yang kamu makan misalnya seperti manisan gula,keripik, cake yang suka lengket di gigi itu harus segera dibersihkan. Imbangi dengan makan buah dan sayuran segar. Anjuran gosok gigi 2x sehari itu bukan mitos untuk mencegah gigi berlubang tapi itu FAKTA. Lakukanlah jangan ragu dan bimbang.

Semoga terbantu

No comments:

Post a Comment